Dak keraton terbuat dari bahan khusus, untuk itu perlu diperlakukan secara khusus pula. Pemasangan dak keraton tidaklah sembarangan, harus melalui beberapa tahap. Berikut ini cara pemasangan dak keraton:
1. Susunlah dak keraton memanjang dengan rapi dengan posisi sisi lebar dibagian atas, panjang susunan maksimal 3,5 Meter dan untuk memastikan kelurusan susunan keraton bisa menggunakan bantuan benang.
cara pemasangan dak keraton
2. Pasang 2 batang besi diameter 10 dengan panjang sesuai bentanganpada cekungan bagian atas, dan diameter 8 pada cekungan bagian samping bawah. kemudian cekungan diplester dengan adukan 1 semen : 3 pasir sehingga besi tertanam dalam coran. kemudian tunggu sampai 2 hari untuk pengerasan coran. usahakan susunan keraton selalu dalam keadaan lembab dengan menyiramnya setiap hari.
3. Jika coran sudah keras kemudian balik susunan keraton. Sehingga sisi yang pendek berada di atas. Maka jadilah 1 blok dak keraton.
cara pemasangan dak keraton 1

4. Angkat satu per satu blok dak keraton, kemudian kaitkan lebihan besi blok dak keraton ke rangkaian besi ring balok. pastikan bagian bawah antar dak keraton rapat. Jangan lupa siram lagi rangkaian CB kemudian isi celah antar blok dak keraton (dari atas) dengan coran 1:2:3.

pemasangan dak keraton
pemasangan dak keraton 1

 

5. Buat lapisan screed pada permukaan atas dengan ketebalan sekitar 2 cm.

Pin It on Pinterest

Share This